Sender : 085259766XXX
Besok Buka bersama di ******, Mall ****
Wajib dateng sob!

Pernah dapet ajakan seperti diatas?
Buka bersama, kegiatan yang biasanya ada (atau tepatnya diadakan) ketika Bulan Ramadhan hadir ditengah kita. semakin lama konsep kegiatan ini semakin berkembang saja, mulanya dulu saya tau kegiatan ini sih di mushola atau masjid. kekinian buka bersama sudah mengalami berbagai macam perkembangan (atau malah kemunduran?). contoh saja seperti pesan singkat diatas. Buka bersama bukan lagi hanya bertempat di Musholla atau Masjid. Namun ke tempat "berjama'ah" lainnya, seperti Mall, atau tempat-tempat yang menyediakan makanan cepat saji.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan perkembangan tempat itu. hanya saja, kebanyakan dan umumnya tidak menyediakan tempat untuk "ritual" Magrib. ini yang membuat esensi kebersamaan itu bergeser. Adzan Magrib sebagai penanda Berbuka dan Sholat magrib kini hanya menjadi penanda buka saja, lebih-lebih ditempat-tempat seperti Mall, suara itu sulit didengar bukan?

Mall memang menyediakan tempat untuk sholat, tempat tersebut disediakan guna memfasilitasi pengunjung yang ingin menyapa Tuhannya. Namun, Konsep Buka Bersama Kontemporer *Halah bahasamu joo* sekarang kok ribet banget. Sungguh ini buka yang menurut saya semakin kebanyakan proses.

Mulai dari reservasi tempat, pesan makanan dengan antri, berjubel-jubel, belum ditambah macet jika anda berada di kota dengan tingkat kendaraan bervolume tinggi. berbuka yang seharusnya begitu simple, menjadi semakin rumit prosesnya. kita sering ga menyadari hal ini, bukan?

Alangkah lebih baik dan efisien mempertahankan konsep buka bersama yang ada di musholla atau masjid. yang biasanya juga diadopsi oleh tempat-tempat kerja atau instansi-instansi lain. dimana ditempat sudah disediakan makanan, dan yang lebih ada tempat untuk sholat. Kebersamaan dapat, Sholat magrib dan Bersama-sama Jama'ah juga dapat, Pilih mana?
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment