Tips Jitu Mengerjakan Skripsi (Dari Manusia yang gak kelar² Skripsi)





Kalo dilihat Dari Judul, Jelas Sangat² mengandung Ketidakpantesan (Ironis) bukan?, Saya yang realitanya "gak kelar²" Dalam mengerjakan skripsi menulis tips² jitu dalam mengerjakan skripsi. Tak apalah, Anggap saja saya sedang menyindir & memotivasi diri sendiri untuk kembali berkutat dengan skripsi saya.
Sekedar Curhat (huahahaha...) Skripsi saya mangkrak (tidak terjamah & tergarap) sejak juli 2009 (seeet dah, ampir setaon).
Banyak sekali faktor & sebab seorang mahasiswa/i tidak segera menyelesaikan skripsinya. Menurut Badan Penyelidik Kampungan tentang Kasus Skripsi yang Tak Kunjung Kelar (BPKTKSYTKK) bahwa diantara beberapa faktor & sebab adalah sebagai berikut :

  1. Malas.
  2. Keasyikan Kerja, Sehingga Skripsi (pendidikan) tidak jadi prioritas utama lagi.
  3. Putus Hubungan (dengan Dosen pembimbing).
  4. Putus Asa (biasanya disebabkan susahnya referensi, kecepatan mengetik yang lemah hahahaha....).
  5. Opini tentang paradigma "Sarjana itu semakin menambah prosentase pengangguran Negara".
  6. Jika Anda menemukan Faktor lain silahkan saja Hub. Badan Penyelidik Kampungan tentang Kasus Skripsi yang Tak Kunjung Kelar (BPKTKSYTKK).

Faktor & Sebab yang tertera pada point diatas adalah sebagian dari begitu banyak fenomena yang sering dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Mungkin bagi mahasiswa yang punya tekad keras fenomena itu akan bisa tertanggulangi & teratasi. Mengingat target & Keteguhan mereka bulat. Namun, Bagi mahasiswa yang memiliki tekad mlempem (Seperti saya Hicks...) hal itu menjadi seperti sebuah peperangan yang dahsyat. mengingat akan muncul percikan² serta dilema² tak jelas dalam diri. tentang keteguhan yang dipertanyakan (tsaaaaaaaaaah.....).


Spesial & Khusus Bagi Anda yang belum menginjak fase Skripsi. Saya ada beberapa tips untuk menghindari "Kemoloran Lulus". Sehingga anda dapat menghemat waktu guna melanjutkan apa yang selanjutnya ingin anda raih (saya menulis ini dengan muka merah karna malu hicks...)
  1. Mulailah berkenalan dengan skripsi & memahami metode membuatnya, anda bisa berkunjung ke perpustakaan untuk melihat-lihat skripsi mahasiswa tahun sebelum anda (melihat bukan berarti harus membeli kok) atau mendapatkannya di internet (klik disini untuk menuju TKP).
  2. Rancang Judul anda jauh² hari sebelum Fase Skripsi datang, tentu setelah anda berkenalan dengan si Skripsi. Anda mulai punya sebuah RRTJS (Rencana & Reng²an Tentang Judul Skripsi) sesuai mata kuliah & jurusan anda tentunya.
  3. Jika Sudah menentukan RRTJS (Rencana & Reng²an Tentang Judul Skripsi), Segeralah menentukan metode serta mengumpulkan data² & referensi dari pembahasan skripsi anda.
  4. Jika Sudah Sampai pada BAB I (Proposal), Janganlah menunda waktu untuk beranjak ke BAB II (Ingat, BAB I itu masih Awal, Jadi jangan anda berbangga dulu jika sudah menyelesaikan BAB I/Proposal Skripsi Anda Diterima).
  5. Usahakan lebih "intim" dengan Dosen Pembimbing Anda. Mintalah Nomer Handphone nya, Sering²lah Berkencan dengannya. (Kencan & Intim disini tolong dilihat dari kacamata intelek & berpendidikan ya!!)
  6. Jika mengalami hambatan, Datanglah pada Dosen Anda. utarakan hambatan itu, walau solusi dari sang dosen kadang tak membantu. Setidaknya, Ada rasa plong setelah anda bercurhat.
  7. Jika rasa Malas Datang (ini yang suuliiiit buuue...gee...ttee....). Bulatkan kembali dengan tekad anda. Teguhkan kembali semangat anda. ntah melalui Orang tua, Pacar (kalo punya), Sahabat dsb. mintalah orang² tersebut untuk tak lelah mengingatkan, mendukung & menyemangati anda dalam proses mengerjakan skripsi. (Disinilah Tekad & keteguhan Anda akan diuji, Peperangan batin yang mengalahkan PD 1 & PD 2...Hicks...Saya sering kalah Berperang >.- )
  8. Sementara Hiraukan Lingkungan anda, Agar Anda tetap Fokus (silahkan tafsirkan sendiri).
  9. Jangan ada kata menunda, Sekali Anda melakukan Sebuah penundaan (baik mengetik atau konsultasi) hal itu akan terulang. Katakan tidak pada penundaan atau anda akan terkena zat addictive dari penundaan itu!!
Itulah Beberapa Tips yang saya tulis dengan amat sangat banget (hwaaa...) mengesampingkan rasa malu saya pada diri sendir Hicks...Biarkanlah saya saja yang mempermalukan diri saya. jangan sampai anda mengalaminya (Do'akan saya Teman-temin, Kawan-Kawin, Konco-Konci Sekalian untuk kembali berkutat dengan skripsi saya)
Akhir Kata Untuk Anda, Dalam Setiap hal itu :

"...Harus Punya Kemauan yang keras & Tidak Lupa Kemaluan yang keras" (ABCD Tokay - The Flowers)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 comments :

  1. ayo semangat mas ojeb... pake' jurus tandur...!! hehehe...

    ReplyDelete
  2. Trima kasih sam wisnu supportnya...

    ReplyDelete
  3. wah kalo ini buat nanti ane masih 2 tahun lagi di CTRL+D dulu gan

    ReplyDelete
  4. @ Netmild : hehehhe...sedia payung sebelum ujan ndan...gak ada salahnya siap² dari sekarang (walaupun cuma niat) heheheh....

    ReplyDelete
  5. Aloww.......salam kenal ya..
    Tulisan nya oce bgt dah.
    Moga2 cepat kelar ya skripsinya..n jgn lupa di praktekin tuh tips2 nya..:-)

    ReplyDelete
  6. @ Dita : weeee...terimakasih supportnya sista...
    tips itu untuk yang belum mengerjakan skripsi sist.
    saya mencari TIPS MENGERJAKAN SKRIPSI UNTUK MAHASISWA YANG SKRIPSINYA MANDEK, Just kidding hahahha....

    ReplyDelete
  7. thanks bro.. gue dah 7 taon nih... maluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu buangettttttttttttttt............... padahal masalah kuliah akademik kelar 3.5 taon...... skripsi dah hampir sama umurnya dengan kuliah akademik tersebut........... hudffffffffffffff... doain ya, please

    ReplyDelete
  8. thanks yaaa
    bermanfaat bnget nih tulisannya

    ReplyDelete