Jika saya berpendapat bahwa bakat adalah hal yang misterius, setujukah anda? semisterius Area 51 di America Serikat, yang di "Gapura" nya tertulis Restricted Area. sebuah area yang tertutup untuk umum, Misterius! tertutup dan sulit sekali dijangkau. atau semisterius peradaban-peradaban lama yang sudah sulit sekali dilacak macam peradaban Anasazi, Lembah Indus atau Puebloans Nabatean. sulit diterka, kadang muncul tiba-tiba.

Bisa saja ada sesosok Lionel messi dalam diri penjual bakso di kampus, atau seorang Newton mungkin saja sekarang sedang narik becak diantara lalu lalang kendaraan kota surabaya dan mungkin saja seorang Jimi hendrix sedang anda acuhkan ketika mengamen di bus yang anda tumpangi.
Tak ada yang tahu, si Lionel messi sibuk melayani para mahasiswa/i yang lapar dan berhasrat membeli baksonya, Sir Newton sedang berjuang mengantar seorang penumpang menerjang jalanan yang macet, bangun pagi mengayuh becak kemudian tidur dan istirahat ketika pulang, dan jimi hendrix sibuk mentas dari satu bus ke bus lain tanpa ada kesempatan rakaman. tak ada kesempatan sama sekali dalam hidupnya untuk mengasah bakat-bakat yang terpendam dan menyimpan sesuatu yang potensial dalam masing-masing karakter itu. lalu mati ketika jasadnya dikubur saat maut menjemput, seperti terkuburnya sebutir mutiara yang kilaunya menawan oleh tumpukan karang, jauh didasar laut sana.

Tak jarang pula bakat ditemukan dalam momentum yang tak terduga. pernah lihat film Forest gump? yah, tokoh tersebut menemukan bakat tenis mejanya ketika mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dalam satuan tentara tempat ia mengabdi. Atau Orang tua Om Ritcie blackmore yang memilih memberi hadiah ulang tahun berupa gitar dari pada papan catur pada anaknya, sehingga anaknya tersebut akhirnya lihai dan piawai memainkan alat musik bersenar 6 tersebut. Atau tak perlu jauh-jauh, andai Briptu norman tak mengupload video "chaya-caiya"-nya ke youtube, dia dan orang tak akan tahu bahwa gaya dan tarian India nya lumayan mempesona. jika saja setelah merekam "adegan iseng" itu video tersebut ia delete mungkin sekarang beliau masih duduk di sebuah ruangan dikesatuan polisi tempat ia mengabdi bukan?

Mungkin, itu pula yang menjadi salah satu alasan munculnya berbagai ajang pencari bakat (alasan salah duanya komersial tentunya) yang muncul ditelevisi. bakat harus dicari dan diasah, diasah pun kadang tak jua mengkilap saking banyaknya lumut-lumut bebal dalam diri sipemilik bakat, Misterius bukan?

Cari dan gali bakatmu, sebuah momentum akan membawamu mengetahui atau mendekatinya.

Salam
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment