UAN didepan mata, Mendengar kata itu pasti siswa/i kelas XII akan gemetar, mengeluarkan keringat dingin bahkan sampai mengeluarkan darah dari hidungnya Oh itu lain ya? maaf...Ujian inilah yang menjadi ujian tahap akhir bagi siswa/i SMU sederajat. plus menjadi pertaruhan "hidup mati" yang sering menjadi mimpi buruk ketika tidur. yaah, tentu kita sama tahulah apa yang menyebabkan UAN menjadi momok yang begitu menakutkan bagi kalangan pelajar SMU Sederajat.

Pelbagai persiapan tentunya telah disiapkan, baik dari siswa/i sendiri, dewan guru sampai pihak sekolah. bagai menyiapkan persenjataan guna menghadapi perang besar diperbatasan daerah. mulai dari persiapan belajar, membuka-buka kembali pelajaran lama, Try out, bimbel, latihan soal sampai persiapan non formal seperti menyediakan kembang 7 rupa (lho). ada pula "ritual" khusus yang biasa diselenggarakan baik pihak sekolah ataupun di tempat ibadah seperti Gereja atau tempat ibadah lain.

Sungguh, tak ada salah nya memang berserah diri pada sang Kuasa dalam hal ini. Namun, kebanyakan banyak para siswa/i terlalu menggantungkan nasib pada "ritual" ini. beranggapan bahwa "ritual" inilah penentu segala nya dalam menghadapi UAN. sekali lagi tidak salah melakukan "ritual" ini.

yang menjadi permasalahan adalah terlalu beranggapan siswa/i bahwa dengan melakukan "ritual" ini mereka pasti lulus. akan timbul prasangka buruk (su'udzon) pada Sang pencipta apabila hasil yang diharapkan tidak sesuai akhirnya. fatal bukan?

para pendamping diharapkan mampu menjelaskan tujuan dari "ritual" tersebut. dan siswa/i juga harus merubah persepsi mereka, bahwa UAN dihadapi dengan "senjata" belajar dan belajar, baru berserah pada Yang Kuasa atas hasil dari kesemuanya.

Tanpa itu (belajar) dan hanya mengandalkan "ritual" hasilnya akan pincang. lulus pun, Nilai ijazah yang ada tak sesuai dengan isi kepala hasil sekolah akan menjadi kepincangan yang nyata kelak ketika kita menyadarinya. akan sangat menusuk pinggang ketika siswa/i menerima kenyataan itu bukan?

Ini bukan hanya soal "Gol" (baca:lulus) namun, masa depan siswa/i sekalian. Selamat Ujian, sukses!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment