Filicium decipiens, spesies pohon dari Genus Filicium, Teduh menaungi. mungkin itulah salah satu manfaat diciptakannya pohon tersebut, selain memberi nafas kehidupan bagi ribuan orgnaisme dan menjadi tonggak penting dalam mata rantai ekosistem. Mulai dari Ulat, burung Serindit, Jalak sampai manusia menikmati manfaat yang dihadirkannya. Seteduh sosok seorang pahlawan wanita negeri ini, yang apabila anda seacrh melalui Google tentang nama aslinya akan muncul pelesetan-pelesetan yang harusnya tak layak disematkan bagi seorang pahlawan. R.A Kartini, Putri keturunan dari Bupati Jepara kala itu, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Seorang pahlawan yang dikenal sebagai pejuang bagi kaum perempuan pribumi.

Keturunan Ke-Priyayi-annya tak lantas menjadikan sosok Kartini Gumede. Justru dari situ Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School) dan mengenal majunya kaum wanita di belahan dunia lain melalui korespondensinya dengan dunia luar. Muncul lah kemudian Keinginannya untuk memperjuangkan Hak dan martabat Perempuan agar lebih terhormat di Bumi pertiwinya. memperjuangkan bagaimana agar wanita pribumi tidak dipandang sebelah mata, tidak dilecehkan dan bisa membawa diri baik ucapan maupun penampilan.

Sebuah semangat perjuangan yang sampai kini masih dikenang. keteduhan gagasan untuk menaungi kaum perempuan. seperti teduhnya Filicium decipiens yang menaungi burung srindit dari nakal sinar matahari. Semoga semangat itu tak lantas hilang sesaat setelah anak-anak taman kanak-kanak menanggalkan baju adat yang dikenakannya saat 21 April Atau Sesaat setelah Soeroang narasumber mengakhiri seminar tentang feminitas dan gender. Harapan kita tentunya semangat itu terus tumbuh dan tetap menaungi wanita-wanita indonesia. sehingga wanita di negeri ini mampu menempatkan diri, baik dalam pekerjaan, penampilan maupun ucapan.

Jika hal itu tidak dijaga, tentunya Teduh dan rindang nya Kartini yang menjadi Filicium decipiens budaya feminisme Negeri ini akan ikut tumbang, berserakan dan tergerus budaya-budaya luar yang tak terfilter. semoga akan tumbuh Filicium decipiens meneruskan teduhnya semangat Kartini dinegeri ini.

Selamat Hari Kartini, Perempuan Indonesia
Salam kompakan
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment