Jack of all trades, But master of none

Judul ini sudah mangkrak dalam draft hampir sebulan lebih, saya temukan ketika jalan-jalan ke blog tetangga. disebuah posting tentang tertinggalnya bangsa timur dalam hal ini bangsa asia (Indonesia juga masuk tentunya), tertinggal dari bangsa Eropa dalam hal kreatifitas yang diringkas oleh Prof. Ng Aik Kwang dari University of Queensland yang dalam bukunya berjudul "Why Asians Are Less Creative Than Westerners".
disini saya tidak akan membandingkan 2 kepribadian mendasar kreatifitas dan pendidikan 2 benua. kedua-nya memiliki metode yang berbeda dan memiliki keunggulan serta kelemahan
tentunya.

Judul posting saya sendiri jika diartikan "Tahu sedikit-sedikit tentang banyak hal tapi tidak menguasai apapun". Membacanya saja saya seperti bercermin, melihat diri saya sendiri, Pun anda dan bangsa ini sepertinya. dipoint inilah saya merasa tersindir. anda tak perlu tersindir saya kira, cukup saya yang mewakilinya *hehehe...

Sering bukan kita lihat disekitar kita, diwarung kopi, kantin, pos ronda dan tempat-tempat lain. ketika ada sebuah isu atau peristiwa, semua pasti memberikan komment yang kadang kalau dipikir-pikir tanpa alasan (intendensius). asal komen yang penting eksis. bukan bidangnya tapi sok membidangi walau cuma tau BAB pengertian dari bidang yang sedang dibicarakan. parahnya lagi kita sok menjadi master ketika membicarakan dan tak mau disangkal. aaah...saya banget semua itu.

itu mungkin contoh kecil kawan. kita sering berlagak master padahal kita tak mengusai apa yang kita bicarakan, sesat! yang ditakutkan adalah menyesatkan. masih dalam hal bicara, bagaimana kalau perbuatan?

tidak mungkin jika kita merubah metode yang dikritisi dalam buku tersebut. menghafal sudah menjadi "tradisi akademic" dunia timur. yang kita rubah adalah bagaimana kita tidak merasa master dalam bidang yang tidak kita kuasai.

biarlah kita dicekok i banyak materi di jenjang pendidikan, anggap saja itu membawa kita kepada perkenalan dan memperkenalkan kita kepada banyak warna, tinggal kemudian hari warna mana yang kita gunakan.

Salam
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment