Ngantor ke Hutan





Foto-foto lain ---> Klik

yaaah, akhirnya saya kembali ke peradaban lagi, setelah 5 hari hidup ditengah Hutan pendidikan dan penelitian Bukit soeharto di KM 60 Samarinda - Balikpapan.

Hutan, memang bukan sesuatu yang baru bagi saya yang asli kelahiran Kalimantan (walau keturunan jawa hahaha...). Namun hidup dihutan, it's a new document in my life story. sebagai info saja, HPPBS (Hutan Pendidikan dan Penelitian Bukit Soeharto) adalah sebuah hutan dengan luas sekitar 67.766 hektar, berupa hutan belantara dengan berbagai macam tanaman, jalan basah (karna tropis), jalan yang wawut-wautan, struktur bukit yang lumayan curam (kemiringan 45 derajat kira2), penuh rotan berduri, bambu liar, Nyamuk, semut segede ujung kelingking dan berbagai macam gambaran khas belantara.

Pengalaman tersebut tertoreh setelah saya bekerja di PPHT (pusat penelitian hutan tropis) sebuah lembaga penelitian yang bernaung di Universitas Mulawarman. saya tidak berlatar belakang pendidikan kehutanan sama sekali. namun, inilah pekerjaan kawan. apapun medan pekerjaannya, profesionalitas menjadi prioritas. apalagi saya tergolong "anak kemaren sore" di lembaga tersebut.

Setiap hari saya berangkat masuk areal hutan jam 08.00 WITA ampe 17.00 WITA. didalam areal HPPBS jelas tidak terdapat PKL, warung kopi atau Penjual bensin Eceran. yang ada ya seperti yang saya gambarkan diatas itu tadi.

Kepentingan saya dan team kehutan tersebut adalah menghitung dan mengukur jumlah kayu mati, pada areal Plot 9 hektare. areal yang pernah terbakar dan kini telah ditumbuhi pohon-pohon menjulang tinggi kelangit. medan yang curam plus rotan dan bambu liar membuat pekerjaan ini seperti "Babat Alas". kami harus merintis jalan dahulu. guna kelancaran dan efektivifnya proses pencarian kayu mati.

Mulanya, sayapun tak yakin mampu menjalani pekerjaan di medan ini. namun, enjoylah yang membantu saya melewati 5 hari tersebut. dipenginapanpun tak kalah curamnya dengan hutan. tak adanya genset membuat tempat istirahat team tanpa listrik, benar-benar seperti jaman dahulu kala. bersyukurlah kalian hanya menghadapi mati lampu *jiaaaa, ceramaaah....

Areal hutan lindung HPPBS memang sangat luas, namun....

lebih luas lagi hutan yang telah digunduli di negara ini. untuk tambang,untuk penebangan dsb. jika diterus-teruskan...
aaah...udah banyak himbauannya yak akibat dari itu? ya sudahlah...banjir-banjir sono daah...

Salam Kompakan
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment