Pendidikan itu bertujuan untuk kerja atau untuk ilmu?

Dulu, kata bapak saya "kamu harus sekolah, biar punya pengetahuan, biar tahu". dan hal itu tetap berlaku sampai saya menginjak jenjang SMA (saya sih Aliyah dulu). Namun, setelah menyelesaikan jenjang kuliah, paradigma pendidikan untuk pengetahuan itu menjadi bergeser. pergeseran ini terjadi entah karna tuntutan kehidupan atau karena cara pandang masyarakat yang mengaitkan pendidikan dengan dunia kerja.

yah...simple nya gini kawan-kawin. kalian sekolah, jangan sekolah deh menuntut ilmu aja. nantinya guna masa depan kerja kalian. segala yang kalian dapat dibangku pendidikan nantinya akan menjadi "pintu" kerja.

Nah, di negara kita ini kawan-kawin. ada berbagai macam jurusan pendidikan. baik dijenjang menengah keatas maupun tingkat atas. jurusan tersebut lahir guna memenuhi hasrat keingintahuna peserta didik atas jurusan yang diminati. dinegara ini pula banyak hadir lapangan kerja. Namun pemerataan spesifikasinya kurang merata. ada jurusan A di kampus X dijawa. ada mahasiswa Y (dari luar jawa) menimba ilmu dikampus X mengambil jurusan A. ketika kembali kedaerah nya tidak ada pekerjaan yang spesifikasinya sesuai dengan jurusan yang ia ambil tadi. hasilnya adalah NOL BESAR.

Nol besar tersebut akan semakin besar jika sang peserta didik tak memiliki skill individual diluar spesifikasi jurusannya. dan skill individual ini tak ada dibangku pendidikan kawan-kawin. lalu si empunya Nol Besar tadi mau kerja apa???

sudahlah, kita tinggalkan si empunya nol besar tersebut. dia hanya gambaran saja. tak perlu takut untuk menuntut ilmu. segalanya sudah ada yang mengatur bukan? rezeki, jodoh, mati dan sebagainya itu.
yang jangan kalian tinggalkan adalah, tetap lah menuntut ilmu, ilmu apapun itu. kembangkan skill dan bakat anda selagi masih ada pendukung yang memadai. persoalan tujuan untuk pengetahuan atau kerja jangan jadi batu ganjalan kalian kawan-kawin. waktu untuk memikirkan tujuan itu hanya memotong waktu belajar kalian :)
"Faman arodadunya alaihi bil ilm, faman arodal akhiroh faalaihi bil ilm "
(Barang siapa menginginkan dunia ilmulah kuncinya, dan barang siapa menginginkan akhirat ilmu pula kuncinya"

Selamat belajar
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment