Bhinneka Tunggal Ika, tentu kalian sudah familiar dengan kata tersebut. semboyan negri kita tercinta. yang menggambarkan keberanekaragaman warna didalam nya. dari suku, ras, agama, bahasa, budaya dan berbagai warna lain. betapa kaya memang negri ini.

warna-warna itu melengkapi sulaman bendera merah putih. membentang besar dari sabang sampai merauke. disetiap warna itu hampir kesemuanya memiliki kecintaan terhadap warna yang dianutnya, namun bukan berarti tidak menghormati warna lain.

tapi sayangnya kawan. ada pihak-pihak yang "membaca" keberagaman tersebut sebagai alat pemecah belah. yang mengatas namakan sebuah warna, kemudian menyerang dan menodai warna lainnya. kemarin, tentunya kalian melihat pemberitaan tentang penyerangan terhadap umat agama yang dilakukan beberapa oknum yang mengatas namakan agama juga. pembunuhan pula, masya allah...

aah...Hal-hal SARA dinegri ini sangatlah rentan diobok-obok, dijadikan sebuah media pemecah persatuan. ya agama, ya ras, ya suku ya warna kulit. begitu disenggol sedikit langsung tesulut ketenangan yang ada. dan yang tersulut bukanlah individu, melainkan golongan. besaar dah masalahnye jadinye

tak jarang hal-hal tersebut terjadi di Negara ini. bahkan parahnya hal-hal tersebut dipolitisasi, kadang dijadikan alat pengalihan. sungguh miris bukan?

semoga kita sebagai bagian dari warna-warni bangsa ini tak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang memecah belah rasa saling menghormati antar perbedaan yang ada. tetap berpikir dengan kepala dingin.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment