Tentang Kampunya Bejo Kampungan

Huih...Januari 2011 Hampir masuk masa Epilognya. dan aku, hampir sebulan menginjak dan tinggal dikampung halamanku, pasca "pengelanaan" ku ditanah jawa. dan selama masa itu hmm...blog ku banyak mengalami penurunan penulisan yang lumayan signifikan dan drastis kalau dilihat dari statistiknya hicks...

selama hampir sebulan ini aku hanya berleha-leha (baca:santai) dari berbagai kegiatan. tanpa pekerjaan. aah...rasanya menusuk seperti tusukan iwan fals ketika melantunkan masterprice "sarjana muda" -nya. namun, bukan berarti saya benar-benar vacum tanpa kegiatan sih. masih ada beberapa kegiatan yang agaknya bisa mengisi hari-hari tersebut. seperti membantu ibu mencuci piring wuakakka....

Secara geografis, kampung saya berada di ...LT, ...LS (huah...saya gak tau geografis kampung saya, kampungan banget). Letak nya gak jauh-jauh banget dari pusat kota ibu kota kalimantan timur, sekitar 20 menitan jika ditempuh 24 sks *lho...
Kampung mugirejo daerah samarinda utara. yah...sesuai harapan yang menamai-nya, kampung ini sekarang sudah ramai (mugirejo artinya : semoga ramai). lebih ramai dari ketika saya meninggalkannya 12 tahun lalu.
perkembangannya pesat, penduduknya cepat merata. pembangunan melaju dan berkembang mengikuti tuntutan masyarakatnya. benar-benar!!
bahkan saya sendiri sekarang sudah susah mengenal orang-orangnya. saat sebelum berkelana dulu, saya hapal hampir sekampung plus dimana kediaman orang tersebut. sekarang?? setelah 12 tahun tidak muqim dan ditambah bertamabahnya jumlah penduduk yang membludak, saya tak begitu bisa mengenal orang kampung saya hicks...

Bagi yang muqim disini sih, kebanyakan masih mengenal satu sama lain, walau berbeda gang (jangan dibaca genk!). contoh kecil saja para bapak-bapak. pada minggu pertama saya datang, malam jum'atnya diajak bokap ikut yasinan. ya sekalian niat silaturahmi dan bertemu orang-orang. didalam jama'ah yasinan itu bapak-bapak itu membicarakan hal-hal yang terjadi ditempat mereka masing-masing. yang di gang ini crita tentang gangnya, yang gang sana cerita tentang gang nya. bukan ngerumpi tapi saling tukar info.
"ooh...pak itu katanya kecelakaan, tangannya kena gerenda" kata pak XYZ
"Kapan??" hampir semua jama'ah yang belum pulang serempak menjawab
"dimana sekarang?"
"Rumah sakit? Udah dibawa pulang?"
dan berbagai pertanyaan sympatik lain yang muncul.

waah...betapa tinggi solidaritas dikampung ini.

Pak ABC angkat suara, mengutarakan niatan untuk membantu kediaman salah seorang warga yang hampir roboh. karna terlalu sering kena banjir, mengingat rumahnya yang berada dikawasan rawan. rumah itu akan diderek, dan akan diupayakan renovasi semaksimalnya. sementara ini sudah terkumpul dana sekian juta katanya. para jama'ah yang memiliki kecukupan harta pada rebutan angkat suara untuk nyumbang.
Bangga saya dengan kampung ini. kampung halaman saya. bagaimana dengan kampungmu?
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment